Senin, 25 Juli 2016

TUGAS Digital Media (ANALISIS MEDIA ONLINE)



Nama               : Evita S
Kelas               : A
NIM                : 1500030029
Makul              : Digital Media

ANALIS MEDIA ONLINE
1. Konten-kontenberitanya :
Saya mengambil 2 situsberita online yaitu LIPUTAN6.COM & SUARA.COM.
            Dari kedua situs yang saya ambil ini sama-sama selalu menampilkan berita terbaru, ter up date, terkini, dan teraktual. Diliputan6.com konten beritanya meliputi berita politik, berita olahraga, berita kriminal, dan berita entertainment. Dan suara.com ini konten beritanya juga meliputi berita politik, berita olahraga, berita entertainment, dan berita dari luar negri. Kedua situs online ini tidak jauh berbeda dengan berita-berita yang disampaikan.
SCREENSHOOT LIPUTAN6.COM :
                                               
SCREENSHOOT SUARA.COM :

Saya mengmbil situs media online yang tersegmentasi yaitu KOMPAS.COM.
            Dari situs tersebut terdapat konten-konten berita meliputi majalah bola dari dalam negri maupun luarnegri, music terupdate dari dalam negri maupun luar negri, dan juga majalah remaja yang ter update yang menjadi incaran para remaja sekarang. Tetapi bukan hanya itu saja, berira-berita yang dismpaikan tidak membuat orang atau audience cepat bosan.
SCREENSHOOT KOMPAS.COM :

2. Kebergaman informasi yang disampaikan :
            Keberagaman informasi dari situs media online LIPUTAN6.COM & SUARA.COM ini cukup beragam karena keduanya mencakup beroita-berita dari berbagai berita Indonesia maupun di luar negri, informasi yang disampaikan atau diberitakan pun sangat menarik perhatian dari audience. Mengapa begitu? Karena berita yang disampaikan bermacam-macam yaitu dari berita politik, berita olahraga, berita entertainment, berita dari luar negri, dan berbagai kasus yang diinformasikan atau diberitakan.
            Keberagaman informasi dari KOMPAS.COM juga tidak kalah dengan situs-situs media online lainnya, disini kita dapat melihat berita-berita yang terupdate teraktual dan terkini, bukan hanya itu saja KOMPAS.COM ini juga mengupdate berita tentang majalah bola, music dan majalah remaja dll. Majalah idola yang di update oleh KOMPAS.COM ini berisikan berita tentang persepakbolaan diindonesia mapun diluar negri, bukan hanya itu saja majalah bola yang dismpikan pun berkaitan dengan kejadian atau menyangkut tentang keseharian para pemain sepakbola dan penghargaan yang diraih. Updatean music yang disampaikan oleh KOMPAS.COM ini juga berisikan tentang seseorang entertain dari luar negri maupun dalam negri, berisikan tentang keseharian seorang entertaint, kasus yang ditimpah oleh seorang entertain tersebut, dan berbagai informasi dari seorang public figure atau seorang entertainment. Majalah remaja yang terdapat dalam KOMPAS.COM ini berisikan tentang apa yang sering dialami oleh remaja sekarang khususnya kaum wanita, hal ini sangat mencuri perhatian kaum wanita, mengap tidak? Berita yang disampaikan kebanayakan berisi tentang kejadian atau pengalaman remaja yang bisa dikatakan kurang beruntung, hal ini kurang cocok untuk menjadi contoh kaum wanita lain tatapi hal positif dari berita tersebut yaitu kita sebagai kaum wanita harus lebih berhati-hati.

3. Interaktifitas dan Konektifitas dengan User (Pengguna) :
            Interaktifitas dan konektifitas dengan user dalam ketiga situs media online tersebut saling berhubungan, saling diterima, cepat karena, masing-masing situs media online dari LIPUTAN6.COM, SUARA.COM,& KOMPAS.COM sama-sama mengupdate berita terkini dan berita yang disampaikan tidak juah berbeda sehingga seorang pembaca atau audience tidak jarang yang percaya. Bukan hanya itu saja berita yang terupdate juga sngat ditnggu oleh pembaca yang ingin mengetahui berita terkini dari berbagai macam berita yang tersedia. Hal ini yang menjadi hubungan interaktifitas dan konektifitas dari seorang pembaca dan berita yang disampaikan saling berhubungan.

4. Future-future yang ditampaikan :
            Future-future yang ditampilkan oleh situs media online LIPUTAN6.COM & SUARA.COM sangat beragam, mulai dari berita-berita yang disampaikan, konten-konten yang disampaikan pun beragama. Bukan hanya itu saja, topic dari berita yang diupdate pun bergam dan berbeda.
            Future-future yang ditampilkan oleh situs media online KOMPAS.COM menurut saya kurang menarik, karena berita yang ditampilan kurang beragam dan kurang menarik perhatian pembaca, dan juga berita yang ditampilkan kurang terupate. Tetapi tidak semua berita, ada juga berita yang ditunggu updatetannya oleh pembaca. Dari berita yang saya baca dari KOMPAS.COM hanya beberapa informasi saja yang kurang terupdate.

5. Tanggapan atau Analisis :
            Meneurut saya dari apa yang saya dapat dari situs media online seperti LIPUTAN6.COM, SUARA.COM, dan KOMPAS.COM, sangat membantu kita mengetahui berita terupdate yang dialami oleh Negara kita sendiri yaitu Indonesia maupun luar negri, karena semua berita mencakup berita diluarnegri maupun didalam negri. Tetapi disini situs media online LIPUTAN6.COM & SUARA.COM yang saya baca selalu menampilkan berita-berita atau informasi yang terbaru dan selalu ditunggu-tunggu oleh seorang pembaca karena berita yang disampaikan cepat atau terkini. Berbeda dengan KOMPAS.COM, situs media online ini kurang menarik tidak seperti LIPUTAN6.COM & SUARA.COM karena berita-berita yang disampaikan kurang menarik. Tetapi semua kembali kepada kita sendiri akan berita yang disampaikan dimasing-masing media online. Banyak sekarang berita-berita yang tidak tau kebenaran nyata tapi karena diupdatekan seolah-olah menjadi berita yang sesungguhnya tau benar. Disini kita harus bener-benar cermat mengamati berita yang bermunculan, tidak sedikit berita yang bersifat negatif contohnya berita kekerasan, pencabulan, perampokan, dll. Sisi positifnya dari beritaya itu kita  dapat mengetahui informasi-informasi terbaru dan lebih banyak pengetahuan dibidang pendidikan, politik, olahraga, dll.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar