Sabtu, 23 Juli 2016

TUGAS UAS (Kewirausahaan di Media Digital)



“ONLINE SHOP”
Kajian Tentang Perkembangan Kewirausahaan Di Media Digital

Description: D:\foto tugas\LOGO UAD.jpg


Oleh :
Evitasari
1500030029

FAKULTAS SASTRA BUDAYA DAN KOMUNIKASI
UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
YOGYAKARTA
2016/2017
PENDAHULUAN
a.       Latar Belakang Masalah
Dalam bermasyarakat tentunya kita tidak lepas dari adanya komunikasi. Komunikasi dalam dunia kewirausahaan sangat penting, dikarenakan dengan kita melakukan proses wirausaha tentunya kita tidak lepas dengan adanya proses komunikasi. Komunikasi adalah percakapan antara dua orang atau lebih. Proses komunikasi disini bertujuan untuk memperkenalkan barang atau suatu produk barang dan jasa, mempromosikan suatu barang dan jasa agar tersebuat dikenal orang dan bertujuan untuk masyarakat atau khalayak tertarik dan membelinya. Proses tersebut tidak lepas dari adanya media diital, dengan media digital masayarakat luar akan mengenal dan mengetauhui produk atau barang dan jasa yang kita tawarkan atau dipromosikan, dan dengan adanya media digital didalam wirausaha akan mempermudah proses penjualan.
Kewiruasahaan (Entrepreneurship) adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi kedalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Wirausaha secara historis sudah dikenal sejak diperkenalkan oleh Richard Castillon pada tahaun 1755. Orang yang melakukan kegiatan kewirauhaan disebat sebagai wirausahawan.  Dan Media digital diartikan sebagai sebuah bentuk media elektronik dimana data disimpan didalam format digital (sebagai lawan analog). Analog juga diartikan sebagai signal data dalam bentuk gelomang yang kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah karakterisrik gelombang. kewirausahaan didalam media digital sangat membantu seorang wirausaha dalam proses penjualan, dan juga mempercepat proses penjualan. Bukan hanya itu saja,. Barang dan jasa yang ditawarkanpun cepat dikenal masyarakat atau khalayak banyak. Karena masyakarat atau khalayak diera yang modern ini tidak lepas dengan adanya internet sebagai salah satu alat yang menjadi pusat pencarian atau penemuan yang cepat ditemui oleh masyarakat atau kahalayak banyak, dan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat atau khalayak banyak dapat ditemui dengan cepat dan mudah. Bukan  hanya kaum remaja yang menggunakan internet, anak-anak dan dewasa pun  tidak  ketinggalan dengan adanya internet atau media digital yang menjadi pusat andalan mereka. Didalam  proses berwirausaha tentunya kita dapatkan dampak dari proses itu sendiri, yang mana dampak tersebuat bersifat positif atau negative, dan menguntungkan atau merugikan bagi konsumen dan reseller.
b.      Pokok Masalah
1.      Perkembangan kewirausahaan dari zaman ke zaman?
2.      Dampak dari perkembangan kewirausahaan di media digital?
3.      Peran media dalam perkembangan kewirausahaan?
c.       Tujuan
1.      Memahamai pengertian dan asal usul  kewirausahaan
2.      Ingin mengetahui perkembangan kewirausahaan di media digital.
3.      Untuk mengetahui motivasi apa saja yang mendorong para pengusaha untuk berwirausaha.
d.      Manfaat kajian
1.      Menambah pengetahuan saya sebagai penulis paper ini.
2.      Menambah wawasan bagi pembaca.













PEMBAHASAN
            Berasal dari kata enterpteneur yang berarti orang yang membeli barang dengan harga pasti meskipun orang itu belum mengetahui berapa harga yang akan dijual, wiaraisaha sering juga disebut dengan wiraswasta yang artinya sifat-sifat keberanian, keutamaan, keteladanan dalam mengambil resiko yang bersumber pada kemampuan diri sendiri. Meskipun demikian wirausaha dan wiraswasta sebenarnya memiliki arti yang berebeda. Wiraaswasta tidak memiliki vivi pengembangan usaha sedangka wirausaha mampu terus berkembang dan mencoba usaha lainnya. Istilah lainnya yang semakna dengan wirausaha adalah wiraswasta.
            Perkembangan kewirausahaan dari zaman ke zaman tentuya berbeda dan berkembang pesat. Dari zaman sebelum adanya media digital yang tidak secanggih zaman sekrang dan setelah adanya media digital yang sangat canggih dan sangat berpengruh untuk proses menjual belikan barang dan jasa. Dari mulai satu orang keorang lain dan sekaramg kita bisa mengetahuinya didalam komunikasi yang sangat canggih sekarang ini yaitu internet. Wirausaha secara historis sudah dikenal sejak diperkenalkannya oleh Richard Castillon pada tahun 1755. Beberapa istilah wirausaha seperti di Belanda dikenal dengan ondernemer, di Jerman dikenal dengan unternhmer. Belakangan ini teknologi juah semakin canggih dibandingkan dengan beberapa tahaun yang lalu. Perkembangan teknologi ini membawa banyak perubahan dalam gaya hidup kita, misalnya yang paling terlihat adalah pada gadget dan kecenderungn beraktivitas di dunia maya. Memalui internet, kita banyak mengenal berbagai hal, mulai dari jejaring sosial , aplikasi, berita, video, foto hingga berbelanja melalui internet. Istitah tempat berbelanja melalui interet disebut juga sebagai online shop. Online shop membuat semakin mudah berbenja, tanpa menghabiskan waktu dan tenaga, karena kemudahan inilah membuat online shop semakin diminati.
            Berkembangnya ilmu teknologi di dunia termasuk Indonesia yang harus mengikuti perkembangan teknologi. Hampir semua masyarakat Indonesia pun mengikuti dan menggunakan teknologi yang ada termasuk dalam hal komunikasi. Aplikasi-aplikasi pendukung seperti hp brand blackberry, path, instagram, line dll yang mengadakan fitur yang betrfungsi untuk chat / berbincang singkat secara cepat, tetepi sekarang dimanfaatkan untuk media berjaulan karena seorang penjual dapat menampilkan foto barang yang dijual secara mudah dan cepat, konsumen yang menjadi anggota bbm, line, path, instagram dapat melihat secara mudah foto-foto produk yang dijual, jika tertarik hanya tinggal chat atau ngobrol dan bertransaksi dengan cepat. Transaksi di lakukan dengan terlebih dahulu transfer sejumlah uang yang telah di pilih dan mengirimkan bukti transfer yang telah dikirim dengan tertera sejumlah yang dan nama tujuan pengiriman uang. Adapun proses transaksi dapat dilihat sebagai berikut :
1.      Merchant mengkalkulasi sejumlah harga pembelilan, dan meminta cardholder untuk menyerahkan kartu kreditnya. Saat inilah merchant ‘menggesek’ kartu kredit tersebut pada terminal pos elektronik.
2.      Informasi mengenai pembelian beserta informasi dari pita mengetik kartu tersebut dikirim ke acquireruntuk di otorisasi.
3.      Acquirer selanjutnya akan melalukan otoritassi ke issuer, melalui jaringan kartu kredit.
4.      Setelah memeriksa validitas informasi kartu kredit itu, lantas issuer akan mengirimkan ‘kode otorisasi’ kembali ke acquirer.
5.      Acquirer selanjutnya mengirimkan ‘kode otorisasi’ itu kepada merchant, yang akan mengesahkan transaksi tersebut.
6.       Merchant juga meminta cardholder untuk menandatangi slip (sale draft) yang tercetak.
            Selera konsumen terhadap produk baik berupa barang maupun jasa banyak ragamnya. Konsumen dalam melalukan penggambilan keputusan pembelin banyak dipengaruh factor, yaitu factor internal dan factor eksternal. Factor internal lebih cenderung berasal dari diri probadi konsumen sendiri, misalkan kemauan, kebutuhan dan keinginan saat itu, selera, sikap dan sifat konsuemen, tinggat pendapatan konsumen. Dari segi kemauan, konsumen scara sadar dan ddengan sendirintya akan mencari produk yang dibutuhkan, konsuman akan selalu berusaha mencari produk yang dicarinya. Kadang-kadang harga produk bukan merupakan kendala, asalkan produk tersebut didapatkan. Misalkan konsumen mecari produk dengan merek terkenal yang biasas mereka beli dan dimanfaatkan, karena merasa puas, maka konsumen tersebut akan mencari sampai dapat, berapapun harganya. Jika tidak ada produk yang dicari. Ada beberapa kemungkinan yaitu :
1.      Menunggu produk yang dicari muncul dipasar
2.      Tidak mmbeli produk lain
3.      Membeli produk lain yang kualitas dan kemanfaatnya  sama dengan yang pernah mereka beli.
Setelah itu penjual mempersiapkan barang yang diingkinkan pembeli untuk  dikirim melalui jasa pengiriman barang. Setelah itu selelsai  transaksi  penjualan. Trnsaksi ini mudah dan menguntungkan  dimana penjual tidak perlu  mengeluarkan modal banyak untuk menyewa kios atau took tempat penjualan, hanya dengan mengeluarkan uang langgangan service internet. Keuntungan untuk pembeli, mereka tidak perlu jauh-jauh berpergian untuk mencari barang yang mereka inginkan karena hanya perlu  memesan dan barang akan di kirim ke rumah mereka.    Internet sebagai media digital sebenernya sudah popular di berbagai Negara maju sejak tahun 1999, dimualai dengan lahirnya mein pencari email web based www.yahoo.com kemudian disususn oleh kelahiran mesin pencari lain yang sekarang sangat familiar yaitu www.google.com sekitar tahun 1998-1999 yang didirikan oleh dua anak muda Lawrence dan Sergey Brin. Pendiri google. Pendiri google dalam waktu ingkat berhasil masuk dalam 30 besar orang terkaya di dunia. Kemudian di tahun-tahun selanjutnya berdiri juga website berbasis social bookmarking antara lain : www.friendster.com yang dididrikan oleh jonathan abram, www.facebook.com oleh mark Zukenberg.
            Adapaun dampak dari perkembangan kewirausahaan di Media Digital :
1.      Dampak Positif
-          Anak dan remaja dapat belajar mengembangkan keterampilan teknis dan social yang sangat dibutuhkan di zaman digital seperti sekarang ini. Mereka akan belajar bagaimana cara beradaptasi, bersosialisasi dengan public dan mengelola jaringan pertemanan.
-          Mempercepat proses jual beli melalui Online Shop / lahan untuk berbisnis.
-          Internet sebagai media komunikasi : merupakan fungsi internet yang paling banyak di gunakan dimana setiap pengguna internet  dapat berkomunikasi dengan pengguna internet lainnya diseluruh dunia.
-          Media untuk mencari informasi atau data : perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
-          Kemudahan dalam berinteraksi dan berbisnis dalam bidng perdagangan : dengan kemudahan ini, memuat kita tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran / penjualan karena dapat dilakukan lewat intenet.
-          Dll.
-          Media pertkaran data : dengan menggunakan email, newsgroup, ftp, dan www (word wide web : jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
2.      Dampak Negatif
-          Lahan subur bagi predator untuk melakukan kejahatan. Kita tidak akan pernah tahu apakah seseorang yang baru dikenal menggunakan jati diri yang sesungguhnya (account palsu).
-          Tidak sedikit orang-orang yang memanfaatkan teknologi digital media secara tolak belakrang yaitu penipuan di online shop.
-          Tidak sedikit pemilik Online Shop menjual barang dan jasa tidk sesuai dengan aslinya. Contohnya : bahan atau merek atau model tidak sesuai picture.
-          Dll.
            Peran media dalam kewirausahaan yaitu :
1.      Brand Awareness :
Keuntungan membangun kesadaran brand atau merek melalui media social seperti yang ditulis oleh Jason Boeis adalah penyebaran merek melalui media sosial dapat membuat orang semakin mengetahui atau mengenal produk.
2.      Dekat dengan konsumen :
Mengubah cara perusahaan perkomunikasi yang semuala hanya satu arahdan dua arah, kini menjadi segala arah.
3.      Media Promosi
Sebagai media yang paling efektif dan langsung ke sasaran.
4.      Riset Pasar
Untuk menggali informasi dari para konsumen, melakukan polling atau survey. Dengan tu kita dapat melihat seberapa sadar konsumen akan produk yang dimiliki oleh seorang wirausaha.




KESIMPULAN
            Dengan adanya perkembangan zaman dalam Media Digital yang begitu maju dan cepat dan sangat menbantu dalam proses kewirausahaan. Kita dapat menggambil inti dari pembahasan  kewirausahaan di Media Digital yaitu dengan Media Digital proses berwiarusaha lebih mudah dan lebih praktis, bukan hanya itu saja konsumen pun cepat mengetahui dan mengupdate berbagai barang dan jasa yang kita share di media yaitu dengan menggunakan penujualan secara Online Shop. Semakin banyak seorang wirausaha dibidang Online Shop menshare atau mempromosikan suatu barang atau jasa dan juga menyakinkan konsumen, maka semakin berkembang juga perusahaan / situs Online Shop yang dijalaninnya.




                       










DAFTAR PUSTAKA
1.      Briggs, ASA dan Petter, burke. 2006. Sejarah Sosial Media. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
2.      Soekartawi. 1993. Manajemen Pemasaran Dalam  Bisnis Modern. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
3.      Sunyoto, Danang. 2002. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Jakarta: CAPS
4.      Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana
5.      Ruslan, Rosady. 2007. Manajemen Public Relations Dan Media Komunikasi. Jakarta: PT Raja Gravindo
6.      Halim, Abdul dan Prasetyo, Teguh. 2005. Bisnis E-Commerce. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
7.      Sutedi, Adrian. 2008. Aspek Hukum Pengadaan Barang Dan Jasa. Jakarta: Gramedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar